Breaking News

PARA NELAYAN BLANAKAN MENGGELAR ACARA RUWAT, PESTA LAUT BLANAKAN YANG KE 57 TAHUN SUBANG JAWA BARAT


www.kabarlidikindonesia.com - minggu 20 Oktober 2024

SUBANG – Gelar Tradisi Ruat Laut atau yang dinamakan pesta laut yang dilakukan oleh para nelayan blanakan yang di gelar 1 tahn sekali ,ini merupakan salah satu bentuk bersyukur dan terwujud atas nikmat hasil rezky dari laut .

Para nelayan pun tak lupa membacakan doa doa untuk memohon perlindungan dari Allah Swt, yang selama ini telah di berika keselamatan selama berlayar dan di beri nikmat serta rezeki yang berlimpah .

Blanakan Kabupaten subang Propinsi jawa barat , para nelayan telah melaksanakan pesta laut atau ruat laut dengan mengantarkan sesajen atau persembahkan yang akan di sajikan ke laut.

Adat isti adat ini telah di wariskan oleh leluhur nenek yaitu yang dinamakan pesta laut atau bahasa kejawen yang namakan  pelarungan dong dang ini ,merupakan prosesi penting dalam upacara pesta laut atau ruat laut di iringi kapal kapan yang akan mengantarkan sajian kepala kerbau yang akan di sajikan ke tengah laut inipun adat istiadat, turun menurun dari nenek moyang kita.

Puluhan kapal yang mengantar dan mengiring keberangkatan perahu replika yang berisi sesajian kepala kerbau yang akan di persembahan ke tengah laut , yang diperebutkan oleh para nelayan konon menurut leluhun  diyakini akan membawa keberkahan bagi para nelayan.

“Alhamdulillah KUD Mandiri Mina Fajar Sidik bersama para nelayan bisa menggelar Pesta Laut Ke-57 dan hari ini merupakan prosesi pelarutan dongdang, semoga berjalan lancar,” ucap Dasam, Ketua KUD Mandiri Mina Fajar Sidik Blanakan.

Ada 50 lebih perahu dari mulai yang berukuran kecil hingga berukuran besar mengikuti prosesi pelarungan dong dang (20-10-2024 minggu.)

“Saya sudah memimpin doa sejak jaman kepemimpinan H. Atinah yang merupakan putri dari H. Ali dan masih hingga sekarang,” ungkap Abah Carim, Kuncen Buyut Perahu ang memimpin prosesi pelarungan dongdang.

Abah Tatang , berharap kepada semua para nelayan Blanakan semoga diberi keselamatan dan hasil penangkapan nika di lautnya semakin bertambah. tutur abah Carim“Semoga kami diberikan kesehatan, keselamatan dan rezky yang berlimpah, 

Tarmin salah satu nelayan ujuk bicara kami doakan semoga para nelayan blanakan di berikan sehat panjang umur dan penangkapan ikan nya lebih  banyak ” ucap Tarmin.

Acara pelarungan tv dong dang berjalan lancar tanpa kendala dan semua peserta prosesi kembali menuju darat pungkas*


(red : Asep gaib).

BACA JUGA BERITA LAINNYA